Petani Padi Keluhkan Kelangkaan Pupuk

Petani Padi Keluhkan Kelangkaan Pupuk

\"\"ARGA MAKMUR, BE - Petani padi Kabupaten Bengkulu Utara khususnya Kecamatan Arga Makmur mengeluhkan kelangkaan pupuk di pasaran. Pasalnya, saat ini pupuk sering kali dijual untuk petani sawit dan karet. Terkadang, untuk mendapatkan pupuk urea, petani padi dipersulit dan menjadi persoalan yang pelik dikalangan petani.

Seperti yang diungkapkan oleh Tugiman, petani di Desa Suka Sari I kecamatan Arga Makmur. Penjual pupuk bersubsidi lebih memilih petani sawit atau karet dibandingkan petani padi karena penjualannya labih menguntungkan.

\"Petani tidak pernah diperhatikan kebutuhannya dalam hal mengelola sawah, sehingga ia berharap tidak dipersulit untuk mendapatkan pupuk bersubsidi, \" kata Tugiman.

Diakuinya hasil panen saat ini mengalami penurunan drastis yang disebabkan kekurangan air karena kemarau panjang beberapa waktu lalu. Jika sebelumnya, hasil panen yang dihasilkan mencapai 60 karung padi per 0,5 hektar lahan. Saat ini hanya mempu menghasilkan 24 karung saja.

Meski belum termasuk gagal panen, kondisi ini mengakibatkan berkurangnya pendapatan petani padi. Menghadapi situasi seperti ini, petani menginginkan adanya bantuan pupuk dari pemerintah.

\" Semestinya perlu pengawasan ketat, agar pupuk bersubsidi yang dijual diprioritaskan untuk petani padi bukan petani perkebunan seperti yang terjadi saat ini, \" tandasnya.(117)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: